PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Secara Swadaya, Petani Desa Mulyorejo Perbaiki Akses Jalan Pertanian




Untuk meningkatkan produktivitas, Gapoktan Mulyorejo Mulyo bersama warga melakukan  perbaikan infrastruktur jalan pertanian secara swadaya di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambak Rejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Pentingnya infrastruktur dalam meningkatkan produktivitas pertanian disadari para petani yang tergabung dalam Gapoktan Mulyorejo Mulyo. Karena itu bersama dengan masyarakat desa Mulyorejo, Gapoktan Mulyorejo yang beranggotakan 21 petani ini bahu membahu melakukan perbaikan jalan yang menuju lahan pertanian di desa tersebut.  

Arifin yang merupakan penggerak kegiatan perbaikan infrastruktur merasa senang dan menyampaikan terimakasih  kepada lingkungan masyarakat, yang telah membantu dan berpartisipasi secara swadaya dalam proses perbaikan jalan tersebut. “Harapan saya kegiatan ini kedepannya bisa berkelanjutan di jalan-jalan usaha tani yang lain, dan semoga dapat bermanfaat bagi para petani,” tuturnya.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Mulyorejo, Maskan Hadi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut merasa sangat senang bercampur bangga karena petani binaannya mampu menyerap ilmu yang telah di sampaikan dan mampu mengamalkan pada orang banyak, salah satunya memberi kemanfaatan pada para petani dengan melakukan kegiatan yang sangat positif, dengan melakukan dan menjadi penggerak di masyarakat salah satunya dengan melakukan perbaikan jalan pertanian secara swadaya. 

Untuk mendongkrak produktivitas petani  memang diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Dengan melakukan perbaikan jalan-jalan pertanian, tujuannya untuk memudahkan peralatan mesin pertanian serta pengangkutan sarana produksi hasil pertanian.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bukan hanya dilakukan oleh para pria, para ibu-ibu desa Mulyorejo juga ikut membantu proses perbaikan jalan yaitu dengan membawakan makanan dan minuman yang merupakan sumbangan sukarela dari para warga. 

Reporter : Soleman

 

 Telah terbit di : https://tabloidsinartani.com/