PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementan Rehab BPP Wonorejo Perkuat Kinerja Penyuluh




Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Siti Munifah berkesempatan mengunjungi lokasi renovasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (11/02). BPP Wonorejo merupakan BPP binaan UPT BPPSDMP, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Lawang Malang.

“Kunjungan ini untuk memastikan manfaat yang didapat oleh penyuluh dan petani, setelah dilakukan renovasi," ujar Siti Munifah.

Selain itu juga, kunjungan Siti Munifah ini untuk memastikan konektivitas antara BPP dengan AWR dalam kaitan dengan program Kementerian Pertanian. BPP merupakan bukti keseriusan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam mengawal program utama Kementan khususnya program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) Tingkat Kecamatan.

Mardiyansyah Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, mengatakan renovasi BPP Wonorejo sangat bermafaat bagi penyuluh.

Dari 30 unit BPP di Indonesia yang direnovasi, Jawa Timur yang paling banyak mendapatkan anggaran renovasi yakni 7 BPP, 3 diantaranya di bawah binaan BBPP Ketindan.

“Setelah dilakukan renovasi, kami sebagai penyuluh dapat beraktivitas dengan nyaman, dan berupaya meningkatkan kualitas penyuluhan," lanjut Mardiansyah.

Koordinator BPP Wonorejo, Lugiman, menjelaskan bahwa BPP Wonorejo memiliki SDM 6 orang, 2 penyuluh pertanian PNS dan 4 lainnya adalah PPPK. Ia lantas menuturkan tentang  konektivitas dengan AWR.

Sementara itu BPP Wonorejo akan terus berkolaborasi dengan BBPP Ketindan untuk meningkatkan kompetensi SDM penyuluh dan petani binaannya, dan akan terus melahirkan petani-petani milenial bekerjasama dengan Polbangtan Malang melalui program YESS.

SY/EKOS/YNI

Telah terbit di : https://www.swadayaonline.com/