PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

UNTUK MEMPERCEPAT TRANSFER TEKNOLOGI PETERNAKAN, BPTP SULUT MENGADAKAN BIMBINGAN TEKNIS INTEGRASI SAPI JAGUNG RAMAH LINGKUNGAN




 Berlangsung di Sekretariat Kelompok Tani Batukurung, Bimtek dihadiri Dr. Ir. Markus Rawung, M.Si mewakili Kepala BPTP Sulut, mewakili Kepala Dinas , Peneliti dan Penyuluh BPTP Sulut, ketua dan anggotaelompok Tani (KT) dari KT Batu Kurung, KT Desa Torout dan KT Milenial Poopo.

drh. Ketut Wahyudiarta, SKH mewakili Pertanian Minahasa Selatan. "Bimtek inovasi teknologi ini merupakan suatu terobosan yang kreatif ditambah dengan sentuhan teknologi Balitbangtan sehingga mendapatkan hasil yang lebih bagus" ujar Wahyudiarta.

Dr. Ir. Markus Rawung, M.Si menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek ini. Mengawali sambutannya, Rawung menyampaikan permohonan maaf Kepala Balai yang tidak sempat hadir karena mempunyai tugas lain yang tak kalah pentingnya.

"Ada istilah tanam jagung panen sapi, ini artinya jagung yang ditanam digunakan untuk pakan sapi. Dimana sebelumnya diolah dengan proses yang disebut silase" jelas Rawung. Setelah sambutan, Bimtek dilanjutkan dengan pemberian materi model kandang sistem tower dan pakan silase oleh Ir. Paulus Paat, MP dan materi pengolahan limbah kandang (biogas, pupuk organik padat dan cair) oleh Ir. Derek Polakitan, M.Si.

Hal yang cukup menyita perhatian peserta adalah sistem pengolahan limbah kandang sapi dengan hasil akhir menjadi biogas, pupuk organik cair (POC) dan pupuk organik padat (POP). Paat dan Polakitan secara interaktif menjelaskan prosesnya serta manfaat yang didapatkan. "Dengan adanya reaktor biogas ini akan memutus mata rantai penyebaran cacing. Sehingga berdampak pada kesehatan lingkungan" ujar Polakitan.

Selanjutnya Paat menjelaskan keuntungan lain dimana pupuk organik baik cair maupun padat dapat dijual untuk keperluan nutrisi tanaman para petani. Hal ini sangat menguntungkan dari sisi kesehatan tanah maupun lingkungan, karena pupuk ini murni dihasilkan secara organik.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_210916_173056_602.sdocx-->