PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara

TIM ICARE BPTP SULUT MENGIKUTI SOSIALISASI DOKUMEN ESCP DAN ESMF PROGRAM ICARE 




 Kalasey, 7 Oktober 2021. Tim ICARE pusat mengadakan sosialisasi dokumen Environment and Social Commitment Plan (ESCP) dan Environment and Social Management Framework (ESMF) bagi seluruh Tim terkait yang tersebar di sembilan Provinsi terpilih, termasuk Tim ICARE BPTP Sulawesi Utara. 

 
Diadakan secara virtual, bersama Tim ICARE lain selindo BPTP Sulawesi Utara mengikutinya yang dipimpin Kepala Balai Dr. Ismail Maskromo bersama Tim ICARE BPTP Sulut. 
 
Sosialisasi dibuka Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA. Dalam sambutannya, Haris memberikan beberapa penjelasan perihal sosialisasi yang akan diadakan. 
 
"Terimakasih atas aktivitas dan respon balik pada saat kegiatan observasi lapang sebelumnya" kata Haris. Dikatakan pula sangat diharapkan kegiatan ICARE ini kedepannya akan dikembangkan pemerintah daerah dengan komoditas - komoditas unggulan di masing - masing daerah. Bahkan kedepannya komoditas yang dikembangkan melalui ICARE ini dapat diekspor untuk menambah devisa negara. 
 
Acara dilanjutkan dengan sosialisasi Environment and Social Commitment Plan (ESCP) dan Environment and Social Management Framework (ESMF) oleh April Hari Wardhana, SKH, M.Si, Ph.D. 
 
Dalam penjelasannya, ESMF merupakan sistem dan mekanisme pengelolaan masalah sosial dan lingkungan yang dapat timbul selama program ICARE berlangsung. Sedangkan ESCP merupakan bukti komitmen Kementerian Pertanian dalam memastikan pengelolaan dan mitigasi dampak sosial dan lingkungan.