PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Sulawesi Utara Potensi Pengembangan Tanaman Hias Anggrek BPTP Sulut dan Balithi laksanakan BIMTEK




 Sulawesi Utara Potensi Pengembangan Tanaman Hias Anggrek BPTP Sulut dan Balithi laksanakan BIMTEK

 
Rabu, 10 Agustus 2022. Bertempat di Ruang Pertemuan BPTP Balitbangtan Sulut dilaksanakan Bimbingan Teknis Hilirisasi Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek untuk Meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi Petani/Penangkar Anggrek di Kota Manado.
 
Hadir dalam Bimtek Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Dr. Ir. Muhammad Taufik Ratule, M.Si, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr. Ir. Muhammad Thamrin, M.Si, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulut Ibu Nova Wilhelmina, S.Pt., M.Si, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Prov. Sulawesi Utara Dr. Femmi Nor Fahmi, S.Pi., M.Si. Narasumber dari Balithi Dr. Dede Kurniasih, SP., M.Si bersama Tim Balithi, Narasumber dari BPTP Sulut Ir. Jeaneka Wowiling, Peneliti Penyuluh dan Petani/Penangkar.
 
Kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr. Femmi Nor Fahmi, S.Pi., M.Si dalam sambutan mengatakan di Prov Sulawesi Utara memiliki 13 kabupaten untuk pengembangan tanaman hias. Berharap anggrek dapat dikembangkan lebih jauh di Prov Sulut, bimtek dapat memberikan pengetahuan kepada petani sehingga meningkatkan produktifitas dan mensejahterakan Petani.
 
Dialnjutjan sambutan dari Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulut Nova Wihelmina  S.Pt., M.Si mengatakan sangat bersyukur karena Badan Litbang Pertanian telah melaksanakan BIMTEK untuk tanaman hias anggrek, hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada Petani/Penangkar tanaman hias khususnya bunga anggrek, Ada nilai tambah menyangkut kemampuan untuk mengembangkan potensi-potensi dari tanaman anggrek tersebut, terutama anggrek lokal agar supaya boleh mempunyai pasar yang lebih luas.
 
Dr. Ir. Muhammad Taufik Ratule, M.Si yang dalam sambutannya menyampaikan petani harus siap menghadapi tantangan perubahan iklim, dunia tidak dalam keadaan baik-baik saja. Sektor pertanian merupakan sektor yang paling berpengaruh, pemerintah khususnya Kementerian Pertanian mengenjot program-program yang berdampak pada kontribusi positif bagi negara. Program sudah berlangsung, nanum pelaksana program itu harus kuat dan siap. Teknologi harus memadai agar menaikkan produksi.
 
Setelah membuka acara Kapus dan Kepala Balai Tanaman Hias memberikan bibit benih anggrek kepada Dinas Pertanian Prov Sulut dan kepada seluruh Peserta yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata kepada Kepala BPTP Sulut dan Dinas Pertanian Prov Sulut.
 
Bimtek dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Dede Kurniasih, SP., M.Si dari Balithi dan Ibu Ir. Jeaneke Wowiling, dari BPTP Sulut.
 
#bptpsuluthebat