PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Hadiri Rembug Kalender Tanam, BPTP Gorontalo Dorong Mekanisasi Pertanian




 Jumat (09/09/2022), Kepala BPTP Gorontalo mengahdiri kegiatan rembug kalender tanam padi yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan yang menjadi agenda rutin untuk menentukan masa hambur atau semai bagi petani padi, khususnya di Kabupaten Bone Bolango. 

"Badan Litbang Pertanian memiliki beberapa varietas yang mendukung dalam peningkatan IP 300 salah satunya varietas Cakrabuana dan Padjajaran. BPTP Gorontalo lewat Unit Pengelola Benih Sumber terus memproduksi beberapa benih unggulan ini sehingga nantinya mampu memenuhi kebutuhan petani, khususnya di Kabupaten Bone Bolango," jelas beliau.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat mesin pertanian melalui program ReadSi. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati kabupaten Bone Bolango, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango, Kepala BPTP Gorontalo, Camat Tilongkabila serta Tim Kerja Bupati Kabupaten Bone Bolango. Bantuan yang diserahkan berupa alat mesin berupa hand traktor dan hand spayer

Dalam rembug kalender tanam padi kali ini disepakati agar petani padi memulai hambur di rentan tanggal 23 September hingga 10 Oktober 2022. Dengan kesepakatan ini diharapkan mampu meminimalisir kerugian akibat serangan Organisme Pengganggu Tanaman. Dengan tanam serentak, petani mampu memutus rantai pangan hama dan nantinya akan meningkatkan hasil produksi tanam.