PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Panen Padi Nusantara Sejuta Hektar bersama Presiden RI Joko Widodo




 Panen Padi Nusantara Sejuta Hektar bersama Presiden RI Joko Widodo

 
Kamis, 09 Maret 2022. Bertempat di Kabupaten Minahasa, Amongena III Kec. Langowan Timur BSIP Sulut bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Prov Sulut dan Dinas Pertanian Kab Minahasa melakukan panen bersama sebagai tindak lanjut dari kegiatan panen padi nusantara.
 
Bersamaan dengan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pejabat negara melaksanakan panen raya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan nasional. 
 
Jokowi menyampaikan panen raya dimulai bulan Maret ini dan puncaknya akan terjadi pada bulan April 2023 mendatang. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan yang sama memastikan usai panen raya petani di seluruh Indonesia, kebutuhan beras secara nasional dalam posisi aman. Hal tersebut juga dipastikan melalui validasi data BPS, satelit standing crop, laporan daerah hingga tinjauan langsung di lapangan.
 
Di Kabupaten Kebumen sendiri, produksi padi pada bulan Maret 2023 mencapai 115 ribu Ton GKG dengan luas panen 19 ribu Ha (M1: 5.745 Ha, M2 : 5.342 Ha, M3 3.241 Ha dan M4: 4.720 Ha). Lokasi panen paling besar terjadi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal. Untuk varietas yang digunakan adalah Ciherang, Inpari 42, Inpari 32. Indeks pertanaman IP-300. Potensi produktivitas 7-8 Ton/Ha dengan harga GKP Rp. 4.300/kg.
 
Demikian Kepala BSIP Sulut Dr. Femmi Nor Fahmi, S.Pi., M.Si dalam sambutan menyampaikan lahan yang ditanam didaerah tersebut seluas 25 ha dan yang dipanen hari ini seluas 1,5 ha, lagan ini milik kelompok tani taas Desa Amongena III Kec. Langowan Timur, selanjutnya disampaikan masih akan ada panen susulan sampai bulan april mendatang.
 
BSIP Sulut akan terus mengawal kegiatan tanam dan panen padi yang ada di Prov, Sulawesi Utara.
 
#panennusantara
#pertanianmajumandirimodern
#bsipkementan
#bsipsulut