PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulawesi Utara melaksanakan Workshop Penyiapan Korporasi Pertanian Tingkat Daerah Program ICARE di Kabupaten Minahasa Utara.




 Jumat 29 September 2023, BSIP Sulawesi Utara melaksanakan Workshop Penyiapan Korporasi Pertanian Tingkat Daerah Program ICARE di Kabupaten Minahasa Utara.

Tujuan workshop ini menyiapkan korporasi Pertanian tingkat daerah, peserta yang hadir kurang lebih 60 orang.  Adapun pesertanya adalah Penyuluh dan staf dari Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara, Petani dan kelompok tani yang ada di 5 Kecamatan yaitu Kauditan, Airmadidi, Talawaan, Dimembe, dan Kalawat. Workshop dibuka secara resmi oleh Dr. Conny Manoppo, MSi selaku Plh Kepala BSIP Sulawesi Utara. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan, sesuai permintaan Bank Dunia korporasi merupakan bagian penting dalam Program ICARE. Karena ICARE bukan hanya bantuan penuh kepada tetapi harus ada sistem Korporasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya. Ada 2 materi yang disampaikan yaitu 1. Korporasi Pertanian oleh Dr. Syahyuti (Peneliti BRIN) 
2. Pembentukan Koperasi oleh Demsy Yohan Lempas, SH
(Plh Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga  Kerja /  Fungsional Pengawas Koperasi Dinas Tenaga Kerja Kab. Minahasa Utara). 
Workshop dilanjutkan dengan Diskusi dengan seluruh peserta.