PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP SULAWESI UTARA LAKUKAN KOORDINASI DI BPP KECAMATAN TALAWAAN DAN DIMEMBE




 BSIP SULAWESI UTARA LAKUKAN KOORDINASI DI BPP KECAMATAN TALAWAAN DAN DIMEMBE

 
Minahasa Utara, 21 Februari 2024
Kecamatan Talawaan dan Kecamatan Dimembe merupakan lokasi pelaksana ICARE. Kecamatan Talawaan sendiri adalah Kecamatan yang terluas wilayahnya dalam kegiatan ICARE dibanding 4 kecamatan lainnya (Kec. Dimembe, Kauditan, Kalawat, dan Airmadidi). Hasil verifikasi Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL), terdapat 33 Kelompok tani di Kecamatan Talawaan yang siap menjadi petani ICARE, tersebar di 5 desa, dengan jumlah petani sebanyak 281 orang. 
Koordinator BPP Kecamatan Talawaan (Vera Manoreh) saat menerima Tim PIU Sulut, mengatakan Petani yang sudah diambil datanya termasuk titik koordinat, tak sabar menunggu jalannya program ICARE. Untuk itu, sangat diperlukan penjelasan termasuk sosialisasi dari BSIP Sulut, bagaimana mekanisme program ICARE, tambah Vera.
Hasil koordinasi bersama Koordinator BPP Kecamatan Talawaan, sosialisasi pembentukan korporasi petani, akan dilakukan pada 2 tempat, yakni di Desa Warisa dan Warisa Kampung Baru. Desa Warisa terdiri dari 12 Kelompok tani, dan Desa Warisa Kampung Baru, terdiri dari 3 Kelompok Tani.
Hal yang sama diungkapkan oleh Koordinator BPP Kec. Dimembe (Sandra) bahwa, banyak petani yang bertanya-tanya kapan pelaksanaan program ICARE. Meskipun di Kecamatan Dimembe, sudah terbentuk 1 unit Korporasi petani yang sudah berbadan hukum (Koperasi Kumies Maesa Jaya). Sosialisasi akan dilakukan pada 5 kelompok tani di Desa Tetey dan Desa Laikit Kecamatan Dimembe.