PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulawesi Utara lanjutkan kegiatan Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara




 BSIP Sulawesi Utara lanjutkan kegiatan Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

 
Rabu, 28 Februari 2024 Penguatan Kapasitas Penerap Standar pertanian mendukung UPSUS percepatan tanam dan peningkatan produksi jagung yang digelar di Aula Pertemuan Kecamatan, dibuka secara resmi oleh Pejabat  Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, diwakili oleh Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr. Haji Abdul Nazarudin Maloho, SPd MSi.
Maloho menyampaikan, kegiatan hari ini tidak hanya menjadi wadah untuk  meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan peserta, 
tetapi juga sebagai upaya kongkrit untuk mendukung pertumbuhan sektor pertanian, serta upaya khusus percepatan dan perluasan tanam guna peningkatan produksi tanaman jagung di kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kemajuan teknologi, menuntut  adanya peningkatan kualitas para pelaku di sektor pertanian. Oleh karena itu, kegiatan penguatan kapasitas penerap standar pertanian bagi petani jagung, penangkar jagung dan penyuluh pertanian dapat menjadi modal besar serta memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang up tu date, guna memberikan perubahan yang efektif dan positif dalam upaya khusus peningkatan sektor pertanian. 
Pemerintah Bolaang Mongondow Utara senantiasa mendukung  dan membuka diri dalam mendorong pengembangan sektor pertanian sebagai salah satu pilar utama pembangunan daerah. Olehnya, pelaksanaan kegiatan penguatan kapasitas penerap standart yang difasilitasi oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian  bekerja sama dengan dinas pertanian Kabupaten Bolaang mongondow Utara, adalah bukti nyata keberpihakan  Pemerintah Daerah terhadap pembangunan pertanian. 
Semoga kegiatan ini, menjadi berkah dan motivasi bagi kita guna mewujudkan pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang lebih baik dan kompetitif.
Mengakhiri sambutan ini, Maloho mengapresiasi dan berterima kasih kepada Balai Penerapan Standarisasi Instrumen Pertanian Sulawesi Utara atas kerjasamanya, serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini. 
 
Hadir pula mendampingi PJ Bupati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Sisca Nurcahyani Babay SPt MSi).
 
Kepala BSIP Sulut Ir. Agussalim, MP menyampaikan, kebutuhan jagung 14 – 16 juta ton namun yang tersedia hanya 2 juta ton. Ini sejalan dengan produksi jagung di tingkat petani khususnya di Sulawesi Utara masih jauh dari potensi hasil komoditi jagung, kata Agussalim.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi: (1) Standar Teknik Budidaya Jagung (Miftahulhair Ardan SP MP), (2) Standar Perbenihan Jagung, oleh BPSB TPH Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Rafles Parengkuan, SP), (3) Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Jagung oleh BBPMTPH Daerah Provinsi Sulawesi Utara Muhamad Ali Hasbie Ngandu, SP) dengan dimoderatori oleh Ketua Tim Kerja Diseminasi SIP BSIP Sulawesi Utara Dr. Conny Manoppo,SP MSi. Usai menerima materi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dipertanaman jagung.