PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulawesi Utara Menjadi Guru Tamu di SMKNPP Kalasey




 BSIP Sulawesi Utara Menjadi Guru Tamu di SMKNPP Kalasey.

 
 
Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BSIP) Sulawesi Utara (Sulut), dalam melaksanakan tugas tugas penerapan dan diseminasi standar instrument Pertanian spesifik Lokalita, membangun komunikasi dengan istransi terkait termasuk dengan SMKNPP Kalasey.
SMKNPP Kalasey, sesuai kurikulum pembelajaran semester genap 2023/2024, mengundang BPSIP Sulawesi Utara untuk menghilirkan inovasi teknologi grafting.
Kepala BSIP Sulawesi Utara, Ir. Agusssalim, MP. Menyambut baik akan komunikasi ini. Beliau berharap agar program ini terus dibangun sebagai titik masuk dalam percepatan penerapan standar instrument pertanian spesifik lokasi di Sulawesi Utara, terutama tanaman perkebunan. 
Arnold C. Turang, SP. Selaku penyuluh pertanian ahli muda, ditugaskan (28/2/2024) untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran teknologi grafting. 
Kegiatan diikuti oleh kelas sepuluh, sebelas dan dua belas. Kelas dua belas yang akan diuji kompetensi terkait teknologi grafting, begitu antusias. Turang dalam pemaparan membuka cakrawala berpikir siswa secara global dan mengajak siswa untuk bertindak lokalita, yang dimulai dari pribadi siswa. 
Selanjutnya Turang mengurai dengan bertanya: “mengapa harus grafting”, apa itu teknologi grafting, bagaimana prosedur atau SOP dalam melakukan grafting, sampai pada praktek melakukan grafting. Proses belajar selama 4 jam tidak terasa, bagi siswa. Bahkan siswa banyak mengembangkan bukan hanya pada tanaman perkebunan, tapi juga pada tanaman bunga dan jenis tanaman yang dapat di grafting.