PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP SULAWESI UTARA LAKUKAN IDENTIFIKASI DAN VERIFIKASI JUMLAH POMPANISASI EKSISTING DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA




 BSIP SULAWESI UTARA LAKUKAN IDENTIFIKASI DAN VERIFIKASI JUMLAH POMPANISASI EKSISTING DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

 
Boroko, 28 Februari 2024. Usai rapat pimpinan yang digelar secara daring dan luring (27/2/2024), Kepala BSIP Sulawesi Utara (Ir. Agussalim, MP) yang didampingi Ketua Tim Kerja Diseminasi SIP dan Ketua Tim Kerja Program dan Evaluasi, segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terkait bantuan pompanisasi yang disalurkan di Kabupaten tersebut. 
Menurut data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, Kab. Bolmut merupakan satu di antara Kabupaten di Sulawesi Utara yang menerima bantuan pompanisasi, kata Agussalim saat diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bolmut (Siska Nurcahyani Babay, S.PT., M.Si). Agussalim menambahkan bahwa el nino yang terjadi pada beberapa bulan yang lalu, mengakibatkan beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sulawesi Utara gagal tanam padi. Kekurangan air mengakibatkan petani banyak yang tidak menanam padi sehingga berdampak pada kenaikan harga beras. BSIP Sulawesi Utara ditugaskan untuk mendata Kembali bantuan pompa yang telah disalurkan kepada petani pada beberapa tahun yang lalu. Apakah pompa tersebut masih berfungsi atau tidak, kata Agussalim.
Kepala Dinas Pertanian Kab. Bolmut menyambut baik kunjungan Tim BSIP. Segera kami kumpulkan data yang diperlukan, Kata Babay. Lebih lanjut, Babay menugaskan Kepala Bidang Penyuluhan dan Sarana Prasarana untuk mendampingi dalam peninjauan lapangan.
Peninjauan lapangan di lakukan di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Kaidipang dan Kecamatan Sangkub. Usai meninjau dan melihat langsung kondisi pompa yang ada, survey dilanjutkan ke lahan sawah, yang air nya tidak bisa dibuang. Seluas + 15 ha sawah tergenang sepanjang waktu, yang diakibatkan oleh tidak adanya saluran pembuangan air.