PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Sosialisasi Kerjasama Kemitraan Kompetitif (KREATIF) Program ICARE di Sulawesi Utara.




 

 Manado, 8 Maret 2024.
Kerjasama kemitraan (KREATIF)  merupakan program yang dibiayai  ICARE untuk mendukung pengembangan kawasan  dan rantai nilai produk komoditas pertanian  yang dilaksanakan oleh Korporasi petani ICARE di  Kab. Minahasa Utara. 
Kepala BSIP Sulawesi Utara diwakili Ketua Tim Kerja Diseminasi Standar Instrumen Pertanian (Dr Conny Manoppo, SP MSi) Menyampaikan  bahwa Sosialisasi program KREATIF sangat penting dilakukan guna memperjelas lembaga pengusung dalam menyusun proposal kerjasama kompetitif Grant. 
Triyanto Fitriyadi, MIB MBA (World Bank) yang hadir secara online  menyampaikan tujuan Program ICARE adalah untuk mendukung rantai nilai pertanian yang berkelanjutan secara lingkungan dan finansial serta bersifat inklusif yang artinya tidak untuk intern tapi terbuka untuk semua pihak. 
 3 materi penting yang disampaikan pada sosialisasi KREATIF yang dilaksanakan di Hotel Quality Manado, yaitu :
2.Sosialisasi Competitive Grant (KREATIF) dibawakan oleh Tezar Ramdan, STP, M. Eng PhD sebagai PMU ICARE. 

Hadis menyampaikan ada 3 Komponen dalam Program ICARE,  Komponen A Penguatan Rantai Nilai di 9 Kawasan pertanian terpilih, Komponen B Penguatan Kapasitas Institusi untuk pengembangan rantai nilai, Komponen C Manajemen Program. 

Menurut Tezar,  penyusunan proposal Competitive Grant harus mengandung unsur-unsur pertanian cerdas iklim,  mendukung implementasi rencana agribisnis kawasan, untuk tiap kawasan harus melibatkan wanita dan petani muda. Pengusul kegiatan dapat berasal dari perguruan tinggi, pemerintah pusat, lembaga riset, swasta, Lembaga Swadaya masyarakat, pemerintah daerah di lokasi ICARE. Penerima Dana manfaat program ICARE merupakan lembaga berbadan hukum harus ada akta pendirian lembaga.