PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Survey Lapang BSIP Sulawesi Utara bersama dengan Pemerintah Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara




 Survey Lapang BSIP Sulawesi Utara bersama dengan Pemerintah Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara Rabu, 20 Maret 2024. Tim Satgas Pompanisasi meninjau secara langsung area potensi untuk pompanisasi dan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dengan berkoordinasi dengan Kepala BPP Kecamatan Ratahan, Leonardie Ratela

diantaranya Desa Tosuraya dan Rasi. Tim meninjau langsung area potensi pompanisasi dan peningkatan Indeks Pertanaman di Desa Tosuraya Selatan terdapat 3 kelompok tani yaitu Victory, Lestari dan Mangka. Didapati lahan sawah tadah hujan, bisa ditingkatkan Indeks pertanamannya karena di dekat sawah terdapat sumber air yang bisa dioptimalkan menggunakan pompanisasi. 
Selanjutnya tim Satgas melanjutkan koordinasi dengan Bidang PSP Dinas Pertanian Kab Minahasa Tenggara. Sekretaris Dinas Pertanian Kab Minahasa Tenggara Abdul Karim, sangat antusias dengan kedatangan tim Satgas. 
"Kegiatan ini kami lakukan sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk memperkuat Perluasan Areal Tanam (PAT) padi dengan mengoptimalkan pompanisasi di lahan sawah tadah hujan dalam rangka peningkatan produksi padi nasional jelas Tim Satgas. Hasil koordinasi diarahkan pada 3 Desa yaitu Tababo, Tababo Selatan dan Ponosakan Indah. Wilayah ini terdapat beberapa areal sawah telah beralih fungsi menjadi tanaman hortikultura, beberapa juga ada yang ditinggalkan, karena sulitnya mengalirkan air ke areal sawah. sebenarnya banyak areal sawah yang bisa dioptimalkan Indeks Pertanamannya (IP) melalui pompanisasi karena adanya ketersediaan air di sekitar lokasi areal sawah. Untuk memanfaatkan sumber air, adalah melakukan pompanisasi terhadap sumber air yang ada di sawah supaya bisa segera ditanami. Diharapkan segera dilakukan upaya dalam mendorong PAT di wilayah tersebut.