PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

TIM SATGAS “POMPANISASI DAN PAT” BSIP SULUT LAKUKAN SURVEY DAN VERIFIKASI DI KAB. MINAHASA UTARA




 TIM SATGAS “POMPANISASI DAN PAT” BSIP SULUT LAKUKAN SURVEY DAN VERIFIKASI DI KAB. MINAHASA UTARA

 
Minahasa Utara (22/3) Tim Satgas BSIP Sulawesi Utara melakukan Survey di 2 Kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara yakni: Talawaan dan Kecamatan Kalawat.
 
Usai koordinasi di BPP, Tim segera tinjau lokasi, sesuai data yang telah diperoleh. Survey di Talawaan dilakukan bersama dengan Koordinator BPP Talawaan (Vera Manoreh, SP) dan Tim.
Hasil survey  yang diperoleh: Lokasi di Desa Mapanget dengan luas lahan sawah  kurang lebih 3 ha, sudah 5 tahun tidak diolah/tidak ditanami (sejak covid). Kondisi saluran air lancar dan sumber air  bersebrangan dengan lokasi sawah aktif.  
 
Lokasi yang berbeda di Desa mapanget juga terdapat lokasi lahan padi sawah seluas 0,5 ha yang baru ditanami. Dengan sistem irigasi teknis dan sumber airnya berasal dari sungai Talawaan. 
 
Survey di Kecamatan Kalawat dilakukan bersama dengan  Koordinator BPP  Kalawat (Ibu. Altje Mongi), Wanramil,  perangkat Desa dan Kelompok Tani.
 
Lokasi Survey di  Desa Kaleosan. Hasil survey: terdapat sekitar 17 ha luas lahan yang beralih komoditas menjadi tanaman perkebunan (kelapa), disebabkan jebolnya bendungan akibat banjir di tahun 2014 yang lalu. Juga masih ada lahan sawah seluas 8 ha yang tidak ditanami. 
 
Kepala Desa Kaleosan mengusulkan, selain perbaikan bendungan dan saluran irigasi juga dapat diberikan bantuan hand traktor.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset