PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Selasa, 26 Maret 2024, BSIP Sulawesi Utara Menjadi Tim Penguji Kompetensi Keahlian (UKK)




 Selasa, 26 Maret 2024, BSIP Sulawesi Utara Menjadi Tim Penguji Kompetensi Keahlian (UKK) 

 
BSIP Sulawesi Utara menguji kompetensi keahlian peserta didik kelas XII SMKN PP Kalasey. Kompetensi yang diuji adalah Agribisnis Tanaman Perkebunan (10 Siswa), Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (90 Siswa) dan Agribisnis Ternak Unggas (25 siswa). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. UKK berperan penting dalam kelulusan peserta didik karena hasil UKK akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. 
Pelaksanaan UKK menjadi sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan oleh seluruh satuan pendidikan SMK. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh SMKN PP Kalasey bekerjasama dengan BSIP Sulawesi Utara. Metode pengujian dilakukan dengan 2 cara yaitu praktek langsung di lahan dan wawancara kepada peserta didik. 
Konsentrasi Agribisnis Tanaman Perkebunan dilakukan dengan praktek melaksanakan cara pemangkasan perbaikan dan koreksi dari tanaman pada bagian yang tinggi, menggunakan keselamatan kerja dalam melaksanakan pemangkasan serta membersihkan lahan setelah pemangkasan, wawancara juga seputar pemangkasan pada kakao. 
Konsentrasi Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura diawali dengan wawancara mengenai bagaimana penyemaian benih cabai, pengolahan lahan, fungsi sanitasi, tujuan pemasangan mulsa pada tanaman cabai, serta pengetahuan peserta didik terhadap bahan dan alat yang digunakan selama melaksanakan tahapan penyemaian sampai panen. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pengolahan lahan, pembuatan bedengan dan drainase, pemasangan mulsa dan pembuatan lubang tanam serta tahapan penanaman cabai di bedengan. Pada konsetrasi Agribisnis Peternakan diawali dengan tahapan praktek pembedahan organ ayam dan pengambilan darah dilanjutkan dengan wawancara kepada peserta didik.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset