PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Tim ICARE BSIP Sulawesi Utara (Sulut) melakukan Sosialisasi Pembentukan Korporasi di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara




 Tim ICARE BSIP Sulawesi Utara (Sulut) melakukan  Sosialisasi Pembentukan Korporasi di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara  yakni  Kec. Airmadidi,Kec. Kalawat dan Kec. Kauditan. Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Tanaman Perkebunan, Ibu Cecilia Bernadus, S.P. yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Minahasa Utara. Cecilia menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan tahap lanjutan dari ICARE. Cecilia berpesan kepada peserta agar setiap ada pemaparan dari Tim ICARE untuk diikuti karena intinya disitu. Lanjut, Cecilia menegaskan bahwa petani harus bersyukur karena lokasi mereka merupakan salah satu lokasi di Kabupaten Minahasa Utara yang mendapatkan kegiatan tersebut, bagian 5 dari 10 kecamatannya, bahkan bagian dari 9 propinsi di Indonesia. Kabid mengajak untuk bersama-sama menunjangnya karena keuntungan ada di petani penerima manfaat, dan mengingatkan bahwa aturan-aturan program ICARE harus di diperhatikan dan di laksanakan.

Sosialisasi disampaikan langsung oleh Tim PIU,selaku koordinator Tim Teknis program ICARE, Dr. Conny Manoppo, SP, M.Si. Ditegaskan bahwa program ICARE merupakan program yang dibiayai  Bank Dunia  dan akan disalurkan ke petani  jika sudah memenuhi syarat antara lain sudah menjadi anggota korporasi  (koperasi) petani ICARE. Dijelaskan pula apa itu korporasi serta kenapa harus berkorporasi. Conny menambahkan, jangan terjadi lagi pengalaman seperti yang lalu, sehingga dalam menjalankan Program ICARE ini membutuhkan dana untuk biaya sarana produksi untuk itu diharuskan setiap usaha yang akan dijalankan membuat proposal bisnis, Ditegaskan bahwa dalam pelaksanaan koperasi ada pemeriksaan berkala, yang masuk dalam koperasi harus memilki lahan dan diharapkan penerima manfaat lebih banyak lebih baik dari program ini. Sosialisasi dikuti oleh kelompok tani yang ada di Kec. Airmadidi dengan jumlah  7 Poktan, Kec. Kalawat 4 Poktan dan Kec. Kauditan 17 Poktan.